Halloween party ideas 2015

JAKARTA, GANLOP.COM - Dongeng merupakan sarana ampuh untuk membangun karakter anak. Selain mengajarkan mengenai nilai-nilai kehidupan, dongeng juga mampu menanamkan pendidikan karakter anak, meningkatkan imajinasi, dan meningkatkan kedekatan orang tua dan anak.

Bertepatan dengan Hari Dongeng Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 Maret, Waroeng Imaji berinisiatif meluncurkan program pembangunan karakter "Anak Rusun Mendongeng" guna menumbuhkan minat anak dalam mengikuti, meresapi dan menerapkan karakter budi luhung melalui cerita inspiratif yang membangun karakter bangsa.

Program pembangunan karakter "Anak Rusun Mendongeng" ditandai dengan peluncuran seri pertama dongeng digital berjudul “Midodo Badak yang Suka Menari” yang akan tersedia di YouTube @waroengimaji mulai hari ini.

“Midodo Badak yang Suka Menari” bercerita mengenai tokoh badak yang suka menari dimana saja. Suatu hari alat pemutar musiknya rusak. Untuk memperbaiki alat pemutar musiknya, Midodo mencari pekerjaan. Selama mencari pekerjaan, ada banyak nilai kebaikan yang Midodo pelajari seperti tetap semangat, berpikir positif, pribadi yang menyenangkan dan berani mewujudkan mimpi. Dalam episode ini, Midodo didampingi teman-temannya Megamo si sapi, Verow si harimau, Turti si kura-kura dan Moyaki si monyet lucu. Seri pertama dongeng digital ini dibacakan secara apik oleh Ibu Veronica Tan dan Cinta, salah satu anak dari Rusun Daan Mogot.

Ibu Veronica Tan, Inisiator Operet Aku Anak Rusun dan Founder Yayasan Waroeng Imaji, mengatakan, “Waroeng Imaji senantiasa berkomitmen untuk mengembangkan karakter anak Indonesia melalui berbagai kegiatan edukatif serta memberikan kesempatan pada anak-anak untuk berkreasi di bidang seni. Setelah sebelumnya menghadirkan Operet Aku Anak Rusun yang menggabungkan cerita dengan seni music dan gerak tari, kali ini Waroeng Imaji berinovasi menghadirkan dongeng via digital yang bertujuan untuk pembangunan dan pendidikan karakter anak. Program "Anak Rusun Mendongeng" juga mengundang talenta Indonesia untuk turut berkontribusi dalam program ini. “

Program Anak Rusun Mendongeng terdiri dari 3 tahap, yaitu:

• Tahap 1: Yayasan Waroeng Imaji bekerja sama dengan pesohor dan anak rusun dalam mengembangkan seri tahap pertama Program "Anak Rusun Mendongeng"

• Tahap 2: Yayasan Waroeng Imaji membuka kesempatan bagi talenta muda Indonesia baik di bidang pengembangan cerita, narasi serta talenta di bidang desain grafis, animasi dan film untuk turut mengembangkan konsep dari dongeng di Tahap 1.

Lebih lanjut Ibu Veronica menjelaskan, “Kami akan bekerja sama dengan selebriti/public figure dan anak rusun untuk menjadi pembaca dongeng di seri dongeng tahap pertama ini. Saya ingin mereka juga terlibat dalam misi edukasi dengan cara yang menyenangkan. Saya senang sekali membaca dongeng untuk anak-anak. Saya berharap anak-anak yang mengikuti seri dongeng dalam Program Anak Rusun Mendongeng juga turut merasakan kesenangan itu dan akhirnya dapat memahami cerita dengan baik. Ada banyak nilai positif yang dapat dipahami dengan mudah oleh anak-anak.”

Dovieke Angsana – Producer & Artistic Director, mengatakan “Untuk tahap 1 ini kami melibatkan banyak talenta Indonesia di bidang seni musik, animasi dan digital. Untuk tahap 2, Yayasan Waroeng Imaji bekerja sama dengan talenta muda di bidang desain grafis, animasi dan film akan melakukan pengembangan konsep dari dongeng di Tahap 1. Tentu saja cerita dongeng yang diangkat haruslah yang mengandung nilai positif.”

Ibu Jurotun Nisah – Pembimbing Anak Rusun Daan Mogot, mengatakan “Waroeng Imaji secara konsisten memberikan edukasi untuk anak-anak rusun. Kali ini melalui Program Anak Rusun Mendongeng, anak-anak belajar hal baru seperti menceritakan dongeng dengan ekspresi, menyesuaikan intonasi sesuai musik dan lainnya. Anak-anak juga belajar lebih disiplin karena program ini bekerja sama dengan banyak pihak.”

Cinta, salah satu anak dari Rusun Daan Mogot mengatakan, “Saya senang sekali bisa mengisi suara di dongeng ini. Saya mengisi suara Midodo. Saya suka sekali dengan Midodo yang semangat terus. Saya jadi ikut bersemangat. Teman-teman yang mengikuti dongeng ini juga pasti akan memiliki semangat yang sama. Ada banyak cerita baik lainnya. Seru sekali.”

“Saya berharap anak-anak Indonesia semakin memiliki karakter yang baik yang sudah dimiliki bangsa ini sejak lama. Semoga Program Anak Rusun Mendongeng juga membantu orang tua dalam membangun karakter terpuji pada anak,” tutup Ibu Veronica Tan.

Diberdayakan oleh Blogger.