Halloween party ideas 2015

JAKARTA, GANLOP.COM -  Satu tahun menghadapi pandemi membuat setiap orang terus beradaptasi dengan hal yang tidak biasa, yang mana menjadikan tahun 2021 sangat dinanti dan dipenuhi harapan, termasuk di dalamnya tujuan dalam mencari pasangan. OkCupid, sebuah aplikasi online dating, memperkirakan bahwa tren kencan akan berubah pada tahun 2021, yang mana akan semakin banyak orang yang menginginkan hubungan serius dan berjangka panjang.


Berdasarkan data OkCupid di tahun 2020, terjadi peningkatan hingga 106% orang yang menginginkan hubungan serius dan berjangka panjang atau mendapatkan meaningful relationship. Menurut Andrea Gunawan, Brand Ambassador OkCupid, para single sekarang tidak lagi berpatokan pada penampilan sebagai prioritas utama, tetapi justru mencari bagaimana bisa merasa nyaman dan nyambung ketika membicarakan berbagai topik.

Andrea menambahkan, “Untuk dapat menjalin a meaningful relationship melalui dunia maya, kita harus pintar-pintar mengatur strategi. Tidak dipungkiri setiap orang pasti selalu menilai sesuatu melalui visual dan di aplikasi kita dapat menilai seseorang melalui tampilan profilnya. Maka, kita harus bisa menggambarkan diri kita yang apa adanya melalui foto maupun tulisan di profil kita”.

Dalam acara talkshow “How to find a meaningful relationship through a dating app”, Pingkan Rumondor, seorang psikolog klinis juga mengatakan “Sebelum mulai online dating, tentukan dulu: apa tujuan saya? Misalnya, kalau ingin mencari pasangan hidup jangka panjang, maka carilah online dating apps yang mendukung tujuan itu. Setelah itu, kenali: sifat dan nilai apa saja yang menurutmu penting dimiliki si calon pasangan? Lalu pikirkan: perilaku apa saja yang bisa membantu melihat sifat/nilai tersebut. Hindari membuat list yang sangat abstrak, misal: baik hati pintar. Tapi buatlah list kriteria pasangan yang konkret seperti: bisa menulis kalimat secara lengkap, menyapa dengan menyinggung sesuatu yang saya tulis di profil, menghindari konten terkait seks saat menyapa. Buat juga sistem sortir sendiri berdasarkan kriteria yang paling kamu anggap penting. Terakhir, jadilah diri yang otentik, tampilkan versi terbaik dari dirimu.”


Dengan semakin banyaknya orang yang tertarik memulai hubungan melalui kencan virtual memunculkan tren-tren terbaru seperti hookup culture dan ghosting. Menurut Andrea, melalui dating app kita bisa bertemu berbagai macam orang dengan berbagai kepribadian dan tujuan yang berbeda-beda, tidak menutup bahwa mereka hanya mencari “hookup”.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan terlebih dahulu bahwa kita mengetahui apa yang diinginkan dan alasan memulai kencan virtual. Hal ini didukung oleh OkCupid melalui fitur in-app question-nya yang mampu mengungkap apa yang setiap orang cari, mulai dari tujuan hubungan hingga gaya berhubungan yang mereka anut sehingga dapat mengatur ekspektasi setiap orang.

Sejak pandemi pun, 45% pengguna OkCupid di Indonesia mengaku telah melakukan kencan secara virtual terlebih dahulu untuk mengetahui kepribadian calon pasangan mereka sebelum bertemu tatap muka. Fakta ini didukung dengan data yang mengatakan bahwa 52% laki-laki dan 72% perempuan memilih “ya” ketika menjawab pertanyaan “Apakah kamu mencari informasi soal seseorang melalui Google sebelum kencan pertama?”.

“Kalau aku, sebelum bertemu seseorang dari dating app pasti aku akan cek media sosial mereka dan serta googling nama mereka. Ketika pertama kali ketemu pun, aku akan bertemu di ruang publik yang ramai dan menginfokan beberapa teman ku untuk menjaga keselamatan kita,” ungkap Andrea Gunawan.

Hal ini didukung oleh Pingkan Rumondor yang menjabarkan beberapa persiapan psikologis sebelum bertemu pasangan kencan dari dating app:

·         Kelola ekspektasi, teman kencan Anda mungkin tampil berbeda dari foto profil. Fokuslah ke hal-hal yang penting buat Anda. Perhatikan bagaimana ia berinteraksi dengan Anda dan orang sekitar (misal: pelayan restoran).

·         Utamakan keselamatan. Lakukan background check dengan mengecek kecocokan antara informasi di profil, obrolan dan fakta (misal: dari google) sebelum pertemuan tatap muka. Akan lebih baik jika mengobrol dulu via telepon/video sebelum bertemu tatap muka. Gunakan kesempatan ini untuk background check. Untuk keamanan, pastikan Anda pergi dan pulang sendiri, bertemu di tempat umum, siapkan telepon genggam Anda dan informasikan kencan ini ke teman/keluarga. Akan lebih baik kalau punya exit plan.

·         Tetapkan batasan pribadi (personal boundaries) dengan tegas. Batasan pribadi yang perlu diperhatikan adalah materi (harta benda, uang, usahakan bayar sendiri-sendiri di kencan pertama), emosional (jika kencan Anda merasa sedih atau merah, Anda tidak bertanggung jawab membuatnya menjadi tenang), fisik (katakan “tidak” jika ada sentuhan yang tidak Anda inginkan), waktu dan energi (hargai jadwal dan energi Anda sendiri, jangan biarkan seseorang yang memaksa Anda untuk menghabiskan waktu / energi Anda yang berharga ketika Anda tidak menginginkannya. Akan lebih baik kalau Anda punya batasan waktu kencan pertama, misal: tidak lebih dari 1 jam).

·         Siapkan topik-topik pembicaraan. Anda bisa mulai dengan mempelajari profilnya dan mencatat, hal-hal penting apa yang ingin Anda ketahui lebih lanjut dari dia dan hal-hal apa yang ingin Anda ceritakan ke teman kencan Anda. Simpan informasi pribadi untuk nanti, mulailah dari hal-hal yang general.

·         Terakhir: percayalah pada firasat Anda, intuisi Anda: jika kencan Anda tampaknya terlalu baik untuk menjadi kenyataan, mungkin memang begitu. Jika Anda merasa tidak nyaman, hentikan interaksi sejenak, tarik nafas, dan gunakan logika Anda.

Sesuai dengan tagline-nya, an app for meaningful relationship, OkCupid berkomitmen untuk selalu memberikan fitur-fitur terbaik untuk membantu setiap orang menemukan meaningful relationship dan melalui talkshow bersama Andrea Gunawan dan Pingkan Rumondor, OkCupid berharap di tahun 2021 akan lebih memudahkan setiap personal untuk mendapatkan pasangan yang sesuai kriteria mereka di aplikasi online dating.

 

 

Diberdayakan oleh Blogger.