Halloween party ideas 2015


GANLOP.COM – Dengan tujuan membantu Pemerintah Indonesia mengatasi penyebaran COVID-19 dan membantu penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) yang sekarang jumlahnya sangat terbatas, Faculty of Engineering & Technology (FET) Sampoerna University  menggagas kerjasama dengan PT. Flexitech Evolusindo serta didukung Asosiasi Printer Tridimensi Indonesia (Printridi) untuk memproduksi dan mendonasikan alat pelindung wajah (face shield mask) bagi para tenaga medis yang berjuang menangani para pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP) di wilayah ibukota.


Farid Triawan selaku Head of Mechanical Engineering Study Program Sampoerna University menjelaskan, “Menyadari kebutuhan yang mendesak itu, Sampoerna University menginisiasi upaya produksi dan donasi alat pelindung wajah kepada para tenaga kesehatan yang berada di garis depan penanganan COVID-19 di Jakarta.”

Masih menurut Farid, Sampoerna University sebagai universitas internasional di Jakarta menggunakan teknologi pencetakan 3D di laboratorium FET dalam proses produksi alat pelindung wajah ini. Teknologi ini memiliki banyak keunggulan, di antaranya ialah kemampuan membuat purwarupa (prototype) secara cepat serta fleksibilitas desain.


“Teknologi pencetakan 3D di Lab FE memungkinkan pembuatan beragam jenis alat pelindung wajah dengan berbagai bentuk, jenis serta ukuran secara cepat dan terjangkau. Karena kebutuhan APD yang sangat mendesak sekarang, kami berupaya menggunakan teknologi ini untuk memproduksi  alat pelindung wajah,” papar Farid dalam keterangan tertulis pada Jumat (24/4/2020).
Sebelum produksi, diadakan konsultasi mengenai desain dengan Asosiasi Printridi agar memenuhi standar medis. Setelah itu, produksi dilaksanakan dengan teknologi canggih 3D printers di lab FET Sampoerna University.

Farid menambahkan, “Para dosen Design Communication Visual FET Sampoerna University pun turut bergabung  membuat desain yang bisa diproduksi secara massal di pabrik. Saat ini, kami sudah mulai mendistribusikan alat pelindung wajah secara bertahap ke beberapa rumah sakit di Jakarta dan sekitarnya, misalnya Rumah Sakit MMC dan Rumah Sakit Pondok Indah, dan RS Awal Bros Bekasi Timur. Total telah didonasikan 150 alat pelindung wajah ke RS MMC Kuningan Jakarta, 130 ke RS Pondok Indah, dan 82 ke RS Awal Bros Bekasi Timur.”


Donasi alat pelindung wajah ini diterima pihak rumah sakit dengan baik. “Terima kasih kepada Sampoerna University yang telah menyumbangkan 150 alat pelindung wajah pada RS MMC Kuningan sebagai bentuk nyata dukungan pada para tenaga medis di sini,” terang dr. Sasha, salah satu anggota tim humas RS tersebut.

Upaya pengadaan APD ini selaras dengan misi Sampoerna University untuk mencetak para pemimpin masa depan dengan karakter moral, kepedulian tinggi terhadap masyarakat sekitarnya dan penguasaan keterampilan yang dibutuhkan untuk turut membangun Indonesia yang lebih sejahtera, sehat,  bermartabat, dan berdaya saing global. Ini juga menjadi bagian dari perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu unsur Pengabdian pada Masyarakat.

Berkat kerjasamanya dengan University of Arizona dan Broward College, Sampoerna University mempersembahkan pendidikan tinggi berkualitas dunia di Indonesia. Program TWO-DEGREE dari Sampoerna University memungkinkan mahasiswanya meraih U.S. bachelor’s degree dengan kuliah di Jakarta selama 4 tahun dengan biaya kuliah yang lebih terjangkau. Semua ini didukung dengan penerapan Kurikulum AS, para tenaga pengajar (dosen) yang 75% telah meraih gelar doktor (PhD) dari sejumlah universitas terkemuka di dunia, dan ketersediaan fasilitas laboratorium canggih yang berstandar internasional. Selain Faculty of Engineering and Technology, Sampoerna University juga memiliki Faculty of Business dan Faculty of Education.



Diberdayakan oleh Blogger.