Halloween party ideas 2015


GANLOP.COM – Sneaker merupakan salah satu atribut penting dalam hidup kita. Sama seperti atribut lainnya, sneaker juga perlu dirawat agar awet. Saat ini banyak sekali jenis sneaker yang ada di pasaran, bahannya pun beragam, mulai dari kanvas, kulit hingga karet.

Beda bahan, beda pula perawatan atau cara membersihkannya. Berikut ini beberapa tips membersihkan sneaker berdasarkan bahannya yang bisa kalian simak.


Sneaker kulit
Kalian bisa membersihkan sneaker kulit dengan cara mengelap atau menggosoknya perlahan menggunakan handuk atau sponge yang halus. Agar sepatu terlihat selalu baru, semirlah sepatu dengan produk semir berkualitas dan warna yang sesuai dengan sepatu kalian.

Sneaker suede
Bersihkan dengan menggunakan sikat atau handuk khusus untuk membersihkan sepatu berbahan suede yang tersedia di toko sepatu. Sikat dengan cara satu arah supaya bahan suede tidak cepat rusak dan juga warna sepatu tetap bagus. Semprotkan pelindung bahan suede setiap kali kalian ingin memakainya.

Sepatu berbahan suede sebisa mungkin jangan sampai terkena air. Jika terlanjur terkena air karena hujan atau percikan, maka segera keringkan sepatu di tempat sejuk, atau gunakan pengering rambut.

Sneaker kanvas
Cara merawat sepatu berbahan kanvas memang terbilang gampang-gampang susah karena pada dasarnya sepatu berbahan kanvas ini merupakan bahan yang berdaya serap air tinggi, rentan memudar, sobek dan mudah terkena noda membandel.

Untuk mencuci sepatu jenis ini, disarankan untuk jangan direndam, karena akan sulit mengeringkan bagian dalam sepatu. Gunakan sikat yang bertekstur sedang tidak terlalu halus dan juga tidak begitu kasar. Saat membersihkannya juga tetap harus searah, supaya bahan sepatu lebih awet.

Sneaker denim atau jeans
Bahan denim sebenarnya hampir serupa dengan bahan kanvas. Bahan ini pun lebih sering dipergunakan untuk membuat sneakers. Cara perawatannya pun sama dengan merawat sepatu kanvas. Kamu hanya memerlukan sikat berbulu halus atau sikat gigi, ember, deterjen dan air hangat. Jika bagian dalam sepatu berbau tidak sedap, tambahkan sedikit baking soda ke dalam larutan deterjen untuk menghilangkan aroma tersebut.

Sneaker karet
Bersihkan dengan kain kering yang lembut. Hindari penggunaan sepatu karet pada area jalan yang terjal atau tidak rata. Jangan menumpuk sepatu saat diletakkan di rak, karena penumpukan dapat merubah bentuk dari sepatu karet.

Diberdayakan oleh Blogger.