Halloween party ideas 2015


GANLOP.COM – Motor menjadi salah satu alternatif yang dipilih banyak orang untuk melakukan perjalanan. Selain efisien, motor juga bisa ‘menembus’ kemacetan dengan cepat. Namun saat berkendara dengan menggunakan motor, terutama dengan jarak jauh ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar aman dan lancar. Simak langsung tips di bawah ini.


Pastikan kondisi fisik prima
Sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan jauh dengan motor, pastikan fisik kalian benar-benar prima. Jangan pernah berkendara motor saat fisik kamu sedang dalam keadaan yang kurang fit. Beberapa hari sebelum melakukan perjalanan, persiapkan diri dengan mengkonsumsi vitamin dan suplemen serta beristirahat cukup untuk menjaga metabolisme tubuh.

Periksa kondisi kendaraan
Setelah memastikan kondisi fisik, pastikan juga kondisi kendaraan kalian dalam keadaan baik. Cek bagian-bagian penting motor, seperti lampu depan, lampu belakang, lampu sein kanan dan kiri, kaca spion kanan dan kiri, klakson, rem depan, rem belakang, kondisi ban depan belakang dan pastikan semua kondisinya baik. Bawalah motor ke bengkel untuk memastikannya.

Periksa kelengkapan
Pastikan semua kelengkapan tubuh dan kendaraan dibawa. Kacamata, helm, sepatu, jaket, sarung tangan dan masker penutup hidung adalah beberapa atribut yang sebaiknya kalian pakai. Pastikan juga surat-surat penting seperti KTP, SIM serta STNK sudah dibawa dan jangan lupakan peralatan seperti tang, obeng dan kunci-kunci.

Jangan membawa barang terlalu banyak
Usahakan untuk tidak membawa terlalu banyak barang, karena selain akan membuat bobot motor makin berat, juga akan membuat kalian repot saat berkendara. Bawalah barang yang benar-benar dibutuhkan selama perjalanan saja. Jika ingin membawa oleh-oleh, lebih baik jika kalian mengirimnya dengan jasa ekspedisi.

Kenali medan
Sebelum jalan, ada baiknya kalian terlebih dahulu mengenali medan yang akan kalian lalui. Kalian bisa bertanya pada orang yang pernah melalui daerah tersebut atau mencari infonya melalui Internet. Dengan demikian kalian akan tahu jalanan mana yang harus diwaspadai dan lokasi istirahat yang bisa kalian singgahi.

Istirahatlah
Jangan memaksakan diri untuk cepat sampai ke tempat tujuan dalam keadaan capek. Jika kalian merasa tubuh sudah capek, segeralah cari tempat istirahat seperti masjid, restoran atau pos polisi dan istirahatlah. Makan dan bila perlu tidur sebentar agar tubuh tidak drop dan perjalanan lancar.

Tetap fokus dan waspada
Mengendarai motor dalam waktu lama memang membosankan, namun kalian harus tetap fokus dan jangan pernah lengah dengan kondisi jalan dan keadaan sekitar. Jangan nekat memilik jalur alternatif yang sepi dan berbahaya.

Selalu awasi bagian belakangmu melalui spion. Jika ada yang membuntuti dan nampak mencurigakan, coba tambah kecepatan. Selalu sedia benda keras yang dapat digunakan untuk membela diri dan letakan di bagian motormu yang mudah dijangkau.


Diberdayakan oleh Blogger.